Gandeng Universitas Tambah Pembangkit Clean Energy

JAKARTA, LISTRIK INDONESIA.COM – Diversifikasi energi yang dilakukan PT PLN (Persero) dalam rangka menekan penggunaan bahan ba­kar minyak (BBM) pada setiap pembangkit mulai membuahkan hasil. Terbukti, konsumsi bahan bakar fosil tersebut di pembangkit yang masuk wilayah operasi Indonesia Barat turun drastis dari 46% menjadi 27% pada 2011.

Ke depan perusahaan listrik plat merah itu berkomitmen terus menekan besaran angka tersebut. Karena itu berbagai upaya pun terus dilakukan, salah satunya bekerjasama dengan pihak universitas. Ker­jasama ini diharapkan pi­hak universitas dapat mem­fasilitasi terlaksananya penelitian-penelitian maupun seminar yang mendukung keberlangsungan diversifikasi energi bagi operasional pembangkit.

Direktur Operasi Indonesia Barat Moch Harry Jaya Pahlawan mengatakan, potensi energi terbarukan di Sumatera mencapai ribuan mega watt (MW). Karenanya, potensi tersebut harus dieksplorasi. Sumbernya ada di beberapa daerah seperti Aceh, Sumatera Utara, dan Lampung.

’’Kami sudah memulai untuk eksplo­rasinya. Pembangkit tenaga micro hydro sudah ada di Sumatera Utara. Juga ada di Sumatera Barat, dan Beng­kulu. Potensi sungai belum lagi. Panas bumi banyak. Air saja bisa menghasilkan daya sekitar 100 MW. Panas bumi ribuan MW,’’ kata Harry usai penandatangan kerjasama antara Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) dan Universitas Kristen Indonesia (UKI) di Jakarta.■ Rahmat Wijaya

Sumber: Listrik Indonesia.Com. http://www.listrikindonesia.com/gandeng_universitas__tambah_pembangkit_clean_energy__239.htm  .

Tinggalkan komentar

Filed under Renewable Energy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s