Molekul Persulit Pembentukan “Biofuel”

Telah ditemukan penyebab rendahnya kualitas proses konversi dari serat selulosa kayu menjadi bahan bakar etanol.  Mudah-mudahan efisiensi konversi tersebut akan dapat ditingkatkan dengan telah ditemukannya faktor penghambat proses tersebut.  Temuan tersebut dapat dibaca pada artikel berikut ini.

Untuk pertama kalinya, kombinasi penelitian dan simulasi yang dilakukan Oak Ridge Department’s of Energy (ORNL) menjelaskan keberadaan molekul yang mempersulit biofuel masa depan.  Lignin, penyusun utama dinding sel tumbuhan, yang berjarak dan membentuk gumpalan, merupakan penyebab masalah selama produksi etanol selulosa.

Tim peneliti ORNL yang dipimpin Jeremy Smith menemukan jarak permukaan  lignin mencapai 1 angstrom – setara dengan sepersepuluh milyar meter atau lebih kecil dari daripada lebar atom karbon.  Temuan tim tersebut dipublikasikan dalam Physical Review E.  “Kami mengombinasikan eksperimen sebaran neutron dengan simulasi pada supercomputer ORNL untukmembeberkan bahwa jarak lignin kayu dikarakteristikkan oleh permukaan yang terlipat-lipat” , kata Smith, yang juga pimpinan University of Tennessee.  Gumpalan lignin menghalangi konversi menjadi bahan baku biofuel – sebagai contoh menjadi etanol – pengganti bahan bakar minyak tak terbarukan.  Saat enzim digunakan untuk melepaskan  gula tanaman yang diperlukan dalam produksi  etanol, kumpulan lignin mengikat enzim dan mengurangi efisiensi konversi.  Permukaan lignin yang banyak terlipat-lipat memiliki kesempatan lebih banyak untuk menangkap enzim yang lewat.

Peningkatan pemahaman jarak lignin akan membantu peneliti mendesain proses efektif dalam pembuatan biofuel. “Mekanisme evolusi alam melindungi tanaman melawan serangan enzim.  Kami mencoba memahami dasar fisika biomassa – resistensi  tanaman terhadap degradasi  enzimik”, ujar Loukas Petridis, anggota tim.

Sumber: Kompas, Senin 20 Juni 2011, hal. 13.

Pesan: Bagi pembaca yang tertarik untuk mengetahui lignin  secara lebih mendalam, dapat mengaksesnya ke situs berikut:

1. http://en.wikipedia.org/wiki/Lignin ;

2. http://www.plantphysiol.org/content/154/2/555.full .

3. http://www.greencarcongress.com/2011/06/oak-ridge-team-reveals-surface-structure-of-lignin-highly-folded-surface-impedes-enzymatic-hydrolysi.html?utm_source=feedburner&utm_medium=feed&utm_campaign=Feed%3A+greencarcongress%2FTrBK+(Green+Car+Congress) .

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s