Berita Temuan Partikel Higgs Boson yang Menghebohkan Dunia

Higgs Boson Particles News That  Shocked The World

Kurang lebih dua minggu yang lalu, dunia dikejutkan dengan adanya pernyataan dari sejumlah peneliti di CERN yang mengatakan bahwa adanya  partikel Higgs Boson semakin  mendekati kebenaran.  Nama tersebut diberikan sebagai penghormatan kepada pencetusnya, Professor Peter Higgs, yang bersama Robert Brout dan Francois Englert, memperkenalkan teori tentang partikel ini di tahun 1964.   Mengapa pemberitaan tersebut demikian menghebohkan?

Model Standar Partikel

Higgs boson adalah partikel subatomik elementer, yang diprediksi  eksistensinya oleh sebuah Model Standar  (SM) dari fisika partikel.   SM telah berhasil memprediksi adanya dua top quark, yaitu W Boson dan Z Boson.  Prediksi tersebut sangat didukung oleh data eksperimen.   Satu-satunya partikel SM yang belum dibuktikan adalah partikel Higgs boson.  Bila partikel tersebut berhasil dibuktikan, maka lengkaplah sudah SM tersebut.

Meskipun hampir bersamaan, Tevatron di Fermi National Accelerator Laboratory (Fermilab) di Batavia, Illinois (USA), telah lebih awal ingin menemukan kebenaran partikel Higgs tersebut dari pada penelitian yang dilakukan di CERN.

Kejutan tersebut semakin menghebohkan masyarakat dunia dan menimbulkan pro dan kontra ketika Leon Lederman, seorang fisikawan pemenang Nobel, mengistilahkan partikel tersebut sebagai “Partikel Tuhan karena  berfungsi memasukkan massa ke seluruh partikel yang ada di alam semesta. Namun istilah tersebut kemudian  dibantah oleh banyak peneliti anggota tim yang melakukan riset tentang Higgs Boson di laboratorium CERN, yang terletak di pinggiran kota Jenewa yang berbatasan dengan Perancis.  Bagaimana jalannya proses penelitian yang telah menimbulkan kehebohan tersebut?

Sejarah Teori Partikel

Partikel elementer adalah sebuah obyek yang tidak dapat diurai lagi menjadi komponen-komponen.

Democritus, seorang Junani, lebih dari dua ribu tahun yang lalu mengatakan  bahwa semua  benda dibentuk dari kumpulan unit terkecil, yang disebut atom.  Di tahun 1920, seorang fisikawan yang bernama  Ernest Rutherford  menyebutkan bahwa unit yang terkecil  adalah elektron dan proton. Sebagai gambaran, atom hydrogen terbentuk  dari 1 elektron dan 1 proton.

Pada tahun 1970-an, sejumlah fisikawan telah memformulasikan sesuatu yang disebut Model Standar, yang menggambarkan semua partikel elementer yang telah ditemukan dengan menggunakan teknik-teknik dari sains modern.  Ada dua klasifikasi:  (1) fermion, yang darinya meteri terbentuk, dan (2)  boson, yang menyajikan berbagai gaya (forces) atau massa (mass) diantara fermion-fermion tersebut, antara lain listrik atau gravitasi. Teori partikel menjelaskan tentang bagaimana matahari-matahari dan planet-planet di alam semesta ini terbentuk setelah terjadinya ledakan besar, atau Big Bang  –  yang  sejauh ini belum terbukti kebenarannya.

Pengujian Teori

Pengujian teori tersebut dilakukan di sebuah large hadron collider, sebuah akselerator partikel terkuat dan terbesar di dunia, yang berwujud sebuah pipa yang membentuk lingkaran sepanjang 27 kilometer ( 17 miles) di dalam sebuah terowongan yang terletak di kedalaman 100 meter di CERN. Jika partikel Higgs boson berhasil ditemukan, maka Model Standar dinyatakan lengkap.

Dua sorotan energi (energy beam) ditembakkan dengan arah yang berlawanan di dalam pipa akselerator. Maka terjadilah tumbukan yang menciptakan berjuta-juta partikel setiap detiknya. Eksperimen ini menguji tentang apa yang terjadi sepersekian detik sesudah terjadinya Bag Bang.

Sejumlah besar data yang dihasilkan dari eksperimen tersebut diolah oleh sejumlah besar computer.  Akan tetapi ini merupakan proses pengolahan data yang berasal dari proses yang morat-marit (messy process).   Diantara bermiliar-milyar tumbukan, hanya sedikit darinya yang dapat diangkat untuk membuktikan adanya partikel Higgs.  Proses yang dilakukan komputer-komputer tersebut dapat diibaratkan sebagai  upaya mencari sebatang jarum di antara setumpukan besar  jerami.

Para peneliti mengatakan bahwa berita paling menarik dari CERN, yang diperkirakan akan muncul pada minggu berikutnya atau di akhir tahun, akan merupakan penemuan  sejenis partikel Higgs, namun tidak persis sama dengan apa yang digambarkan oleh Model Standar tadi.

Bagi sebagian kecil penduduk dunia, temuan tersebut merupakan kejadian yang sangat dinantikan karena merupakan cikal-bakal penting dalam memahami sejarah terbentuknya alam semesta dan alam sekitar kita.  Tetapi bagi mayoritas penduduk dunia lainnya, mungkin tidak peduli dengan kehebohan yang sempat diberitakan beberapa minggu yang lalu, dan tetap sibuk dengan kegiatan rutin mereka.

Semoga tulisan ini dapat menambah wawasan pengetahuan bagi kita semua.

Sumber: diangkat dari berbagai sumber berita dan ulasan tentang hasil kajian terkait.

About these ads

6 Comments

Filed under Higgs boson particle, New Discovery

6 responses to “Berita Temuan Partikel Higgs Boson yang Menghebohkan Dunia

  1. Terima kasih Mbak Endah Marjoen atas responnya.
    Blog ini memang dibuat sebagai sarana partisipasi untuk turut serta mencerdaskan bangsa, dan sarana penyampaian gagasan dalam mengembangkan penelitian.

    Salam,
    Atmonobudi.

  2. Dear atmonobudi.wordpress.com

    Siang,

    Kami dari Humas Merdeka.com bermaksud menawarkan content yang sesuai dengan tipikal blog Anda yang bisa digunakan secara gratis. Content ini sangat mudah aplikasinya dan sangat membantu Anda dalam Reblogging.
    Jika Anda berminat, silahkan kunjungi http://content.merdeka.com/ dan dapatkan contentnya.

    Terima kasih atensinya, kami menunggu kabar baik dari Anda.

    Salam,

    Humas Merdeka.com
    Selvie Chummairoch

    • Yth. Ibu Selvie Chummairoch.

      Terima kasih banyak atas tawarannya. Blog yang saya kelola sejak Desember 2010 yang lalu merupakan sarana untuk menyebarluaskan pemikiran dan gagasan saya yang terkait dengan masalah perubahan iklim dan adaptasinya, krisis energi, energi alternatif, infrastruktur, serta berita di seputar perkembangan teknologi pembangkitan listrik.

      Semoga berita-berita di Merdeka.com tetap kritis di dalam pemberitaannya.

      Salam hormat.

      Atmonobudi S.

  3. ilma

    terimakasih, berita ini sgt membantu saya menyelesaikan tugas saya..:D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s